CEO
KEKE MEMBERIKAN MASUKAN TERHADAP MANAJEMEN SARI ROTI
atas klarifikasi
blunder aksi 212,Keke busana Rendy Saputra selaku Chief Eksekutif Officer
tergerak untuk memberikan komentar mengenai pengumuman blunder. dari pihak Sari
Roti terkait roti gratis saat aksi Bela Islam 212. keke menilai bahwa
pengumuman klarifikasi yang dilakukan manajemen Sari Roti merupakan upaya yang kurang
tepat. Berikut ini beberapa masukan lengkap keke busana Rendi Saputra terhadap
manajemen Sari Roti. yang ditulis pada akun Facebook pribadinya, Selasa 6
Desember 2016.
sebagai insan
profesional bisnis, saya sangat terpanggil untuk ikut Memberikan komentar dan
pandangan atas klarifikasi dan pengumuman yang dilakukan oleh pihak Sari Roti.
komentar saya adalah sebuah pandangan objektif yang Semoga dapat menjadi
bahasan di internal Sari Roti. sebuah masukan dari customer yang selalu memberi
roti coklat srikaya dalam setiap perjalanan ketika mampir di Indomaret atau
Alfamart. pengumuman ini tentu dipicu oleh visual hawker tricycle Sari Roti
yang tertempel “gratis untuk Mujahid”.
pada saat aksi 212
masyarakat tentu mengetahui bahwa pembagian roti gratis tersebut dikarenakan
seorang pembeli yang telah memborong ataupun Telah membeli semua roti tidak ada
sangkaan bahwa Sari Roti menggeratiskan. pedagang pun modalnya terbatas dan
Andai kata si pedagang yang menggratiskan masyarakat pun tidak akan pernah
berfikir bahwa hal ini adalah keputusan Sari Roti Pusat. walaupun benar-benar
digratiskan dari pusat tentu tempelan gratis nya sudah di branding dengan
Visual Sari Roti bukan tempelan kertas biasa.
maka dari itu saya
secara pribadi memberikan masukan kepada manajemen Sari Roti untuk :
1.
mengevaluasi tim public relation perusahaan.
menurut saya tindakan klarifikasi ini berlebihan dan berdampak pada turunnya
penjualan Sari Roti di berbagai kanal. Karena tanpa klarifikasi pun masyarakat
tidak akan mengaitkan Brand Sari Roti dengan aksi 212. poin-poin pada
klarifikasi juga sangat tendesius ada kalimat menjaga kesatuan NKRI dan
kebhinekaan. seakan-akan aksi 212 tidak mendukung NKRI dan kebhinekaan dan itu
pasti menyakitkan kaum muslimin yang ikut aksi 212 dan akan memicu hal-hal yang
tidak diinginkan.
2.
kembali memperhatikan muslim emerging
market sebagai segmen pasar yang perlu diperhatikan. persangkaan Baik saya
kepada Sari Roti, Saya yakin bahwa kaum muslimin merupakan pembeli terbesar
Sari Roti maka hal hal sensitif terkait pemasaran market harusnya dihindari.
guna menjaga keberlangsungan sales, ketika McD sibuk menyediakan mushola di
setiap outletnya ketika mall-mall baru sangat memperhatikan keberadaan masjid.
maka alangkah baiknya Sari Roti memperhatikan muslim sebagai emerging market
yang memiliki daya beli. Swadaya aksi 212 yang akhirnya menggerakkan salah satu
peserta untuk memborong seluruh roti di hawker tricycle adalah budidaya beli
kaum muslimin yang tidak bisa dianggap remeh.
3.
hindarilah isu kontroversial untuk
menaikkan Brand jika memang ada strategi untuk menaikkan brand dengan vitalitas
kontroversi. Mohon dipikirkan juga ujungnya Apakah vitalitas tersebut akan
membawa Sari Roti kepada Brand hall atau Brand Heaven. sebagai pelanggan Sari
Roti saya sangat terkejut dengan klarifikasi ini ada kalimat bahwa Sari Roti
tidak ingin terlibat pada kegiatan politik. tetapi klarifikasi ini malah
menyerap sari roti untuk lebih jauh terseret pada isu yang tidak seharusnya
dimasuki
4.
meminta maaf kepada kaum muslimin dan
mengapresiasi keputusan peserta yang memborong produk Sari Roti. Sari Roti
merupakan produk menengah yang menyasar segmentasi pasar menengah keputusan
seorang peserta aksi tersebut merupakan keputusan baik bagi Sari Roti. di
tengah berbagai pilihan tapi customer memilih Sari Roti dan ini haruslah
dihargai dan diapresiasi.
demikian
komentar dan pendapat ini saya sebagai insan bisnis sangat berharap bahwa Sari
Roti dapat melalui masalah ini dengan baik. Semoga pihak manajemen Sari Roti
dapat mencerna postingan saya dengan baik. dan kemudian memutuskan Hal terbaik
untuk konsumen bisnisnya mohon maaf atas kesalahan kekurangan semoga bermanfaat
demikianlah komentar ini saya sampaikan oleh Keke busana Rendy Saputra selaku
chief executive officer yang ditujukan kepada manajemen Sari Roti supaya agar
lebih berhati-hati di dalam menyampaikan suaranya terhadap customer penikmat
Sari Roti.
Berita ini di posting
oleh Makanan Sehat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar